ponsel n-gage

Nokia N-gage merupakan salah satu ponsel yang digemari oleh anak-anak gaul pada era 2003 hingga 2006. Tampilannya yang mirip dengan Ponsel untuk bermain game membuatnya begitu digandrungi oleh anak muda pada jaman tersebut.

Gawai ini memiliki ketebalan 20mm serta layar sebesar 2.1 inci yang memiliki resolusi 176×208. Prosesor yang digunakan pada ponsel ini 104 Mhz, Built-in memory 3,4MB dan baterai 850 mAh. Meskipun spesifikasinya begitu buruk jika ditilik saat ini. Namun, pada saat eranya N-gage menjadi ponsel idaman para gamers.

N-gage memiliki sejumlah permainan menarik dengan format tertentu. Aplikasi permainan tersebut tak sekedar game java yang berbasis J2ME yang digunakan oleh banyak ponsel di era itu.

N-gage setingkat lebih tinggi karena menggunakan platform baru yang menggunakan C++ layaknya game symbian, namun lebih banyak menggunakan engine, standar game konsol.

Ponsel ini memiliki cara yang unik ketika melakukan panggilan telepon, keypad alfanumerik diletakkan pada bagian kanan. Sejajar dengan layar yang berdiri (posisi portrait). Sementara di sisi berlawanan ada tombol arah alias d-pad dan sejumlah tombol shortcut menuju menu-menu tertentu.

Selama beberapa tahun, gawai ini menjadi tak terkalahkan dengan segmen pasar barunya itu. Kejayaannya terus berlangsung dengan kehadiran N-gage berbasis Symbian yang dinamakan QD. Spesifikasi yang dibawa produk baru tersebut bahkan mampu menyaingi konsol portable saat itu, seperti GameBoy dan PSP Versi awal.

Namun, setiap hal pasti akan berakhir. Gelombang pembajakan terhadap game N-gage semakin gencar dan terang-terangan sehingga proyek N-gage terpaksa dihentikan. Nokia saat itu dihadapkan dengan persoalan hak paten sehingga N-gage akhirnya rontok dan ditutup.

Namun seiring berkembangnya jaman, saat ini mulai bermunculan ponsel lainnya dengan teknologi yang lebih canggih dan lebih bermanfaat lagi. Harga smartphone saat ini bervariasi, ada ponsel 1 jutaan, ada juga ponsel yang dihargai 2 juta. Semua tergantung spesifikasi dan tahun pembuatannya.

Jika kamu ingin membeli ponsel baru, pastikan ponsel tersebut akan bertahan lama tidak seperti N-gage. Yang akhirnya ditutup karena tidak mampu melawan perkembangan jaman dan tidak bisa mengatasi pembajakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here