Stabilizer Kamera Terbaik

Camera stabilizer adalah penyeimbang dan juga peredam goyang pada kamera saat sedang mengambil video. Alat ini tidak hanya digunakan oleh profesional saja,tetapi sering juga digunakan oleh para penikmat videografi. Hasil video yang dihasilkan jika menggunakan stabilizer ini akan lebih mulus tanpa getaran atau blur.

Banyak jenis kamera stabilizer, tergantung pada bentuk dan juga fungsinya. Stabilizer juga dijual dengan harga yang beragam dan memiliki berat yang berbeda – beda, semua tergantung kebutuhan. Jadi kamu jika hendak membeli stabilizer cermatlah dalam memilih. Stabilizer juga memiliki tipe, mekanik dan elektrik.

Perbedaannya adalah pada mekanik kamu harus mengatur keseimbangannya secara manual, keuntungannya adalah kamu dapat lebih cepat dalam mengikuti perubahan kondisi ditengah pengambilan video karena settingnya kamu atur sendiri. Sedangkan untuk tipe elektrik, ia dilengkapi dengan motor yang secara otomati akan mempertahankan posisi kamera agar tetap horizontal sehingga menghasilkan gambar yang lebih stabil.

Berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa stabilizer kamera yang terbaik di tahun ini.

Daftar 10 Stabilizer Kamera Terbaik 2020

1. Ikan EC1 Beholder 3-Axis Gimbal Stabilizer

Harga Ikan EC1 Beholder 3-Axis Gimbal Stabilizer : Rp 8.900.000

Yang pertama ada Ikan EC1 Beholder 3-Axis Gimbal yang merupakan jenis Stabilizer elektrik yang terbuat dari aluminium yang ringan. Stabilizer ini juga dilengkapi dengan lock mode yang dapat menjaga posisi kamera agar tetap sama meski handlenya digerak – gerakkan.

Alat ini juga dapat berputar 360o pada ketiga sumbunya, jadi dapat memberikan angle pengambilan gambar yang tampak lebih luas dan bahkan tanpa batas.

Alat ini dirancang untuk kamera DSLR atau Mirrorless. Dengan kontruksi yang kokoh namun ringan, Ikan EC1 ini dapat membawa beban kamera hingga 2 Kg dengan nyaman.

2. iFootage Wildcat II

Harga iFootage Wildcat II : Rp 4.500.000

Selanjutnya ada dari stabilizer kamera jenis mekanik yang memiliki desain unik dan struktur 3 kaki, yaitu iFootage Wildcat II. Struktur 3 kaki ini membuat stabilizer ini dapat digunakan sebagai tripod. iFootage Wildcat II memiliki bobot yang sangat ringan, jadi mudah untuk dibawa – bawa saat bepergian.

Dengan berat 0,4 dan dapat dipanjangkan hingga 25 cm, memungkinkan kamu untuk bisa menangkap gambar bergerak pada sudut yang lebih tinggi.

3. Glidecam HD-2000

Harga Glidecam HD-2000 : Rp 6.750.000

Glidecam HD-2000 memiliki ukuran yang compact dan juga dilengkapi dengan 12 lempengan beban yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan kamu. Hasil video dari penggunaan stabilizer mekanik dengan bobot 1.15 kg ini akan tetap sangat menakjubkan bahkan jika mengambil gambarnya sambil bergerak dengan cepat.

Selain itu ada 3 sumbu yang mampu menghasilkan keselarasan operasional dan akan memberi kamu kontrol penuh pada stabilizer ini. Lalu ada tombol pengontrol ergonomis yang akan memudahkan kamu dalam mengatur dan menyesuaikan pergerakan dengan lebih cepat.

4. DJI Ronin-M

Harga DJI Ronin-M : Rp 14.300.000,00

Stabilizer kamera terbaik selanjutnya ada DJI Ronin-M, stabilizer yang cocok untuk para profesional. Meski demikian, produk dengan bobot 2.3 kg ini didesain dengan fleksibilitas yang tinggi dan mudah untuk dilipat sehingga memudahkannya untuk dapat dibawa kemana – mana.

Stabilizer ini juga dapat dioperasikan dengan bodymount atau handled, jadi untuk kebebasan kamu berkreasi saat sedang mengambil video. Stabilizer kamera elektrik ini juga dilengkapi dengan fitur smoothtrack untuk bisa memastikan kalau gambar yang terekam akan tetap fokus juga jelas.

5. FeiyuTech G5 3-Axis Splashproof Handheld Gimbal

Harga FeiyuTech G5 3-Axis Splashproof Handheld Gimbal : Rp 2.650.000,00

FeiyuTech G5 3-Axis Splashproof Handheld Gimbal merupupakan stabilizer kamera dengan tipe elektrik yang memiliki kapasitas baterai yang mampu bertahan selama 8 jam. Stabilizer ini dilengkapi dengan splashproof dan dapat digunakan dalam kondisi hujan sekalipun, jadi pas untuk kamu yang senang membuat video saat berpetualang.

Tombol pada bagian stick stabilizer ini memungkinkan kamu untuk mengakses langsung berbagai fungsi kamera untuk bisa memudahkan pengoperasian. Stabilizer ini juga bisa dilipat, jadi akan memudahkan kamu untuk membawanya.

Kelebihan dari FeiyuTech G5 3-Axis Splashproof Handheld Gimbal adalah dapat berputar dalam sudut yang berbeda di ketiga sumbunya agar mendapatkan range pergerakan yang lebih luas.

6. Neewer Aluminum Alloy Film Movie Kit System Support Rig

Harga Neewer Aluminum Alloy Film Movie Kit System Support Rig : Rp 3.122.900,00

Neewer Aluminum Alloy Film Movie Kit System Support Rig merupakan alat yang didesain agar penggunanya dapat mendapatkan kenyamanan dalam waktu yang lama. Meski tampak kaku, sebenarnya stabilizer ini didesain dengan memiliki bobot yang ringan dan dapat digerakkan dengan leluasa juga akurat.

Handle dan shoulder pada padnya dirancang untuk bisa memberikan kenyamanan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu stabilizer ini akan memberikan kamu kontrol penuh dengan fleksibilitas pemakaian yang maksimal. Dengan bahan dasarnya yang kuat, stabilizer kamera DSLR jenis mekanik ini mampu untuk menahan segala jenis beban kamera.

7. Zhiyun Crane Plus

Harga Zhiyun Crane Plus : Rp 5.888.000,00

Zhiyun Crane Plus memiliki fitur memori yang mampu untuk menyimpan pengaturan pergerakan kamera secara detail, hal ini agar mempermudah kamu jika hendak mengambil gambar dengan pola pergerakan yang sama.

Stabilizer dengan beban 2.5 Kg ini sangat tepat untuk kamu yang sering berpacu dengan waktu saat pengambilan gambar, karena pengaturannya cepat. Selain itu gimbalnya bisa berputar hingga 360o, sehingga mudah untuk bisa menyesuaikan berbegai kebutuhan pengambilan gambar kamu.

8. Gudsen MOZA Air

Harga Gudsen MOZA Air : Rp 7.350.000

Untuk kamu pengguna DSLR dan Mirrorless dan gemar memproduksi video sinematik atau bahkan profesional sekalipun, Gudsen MOZA Air cocok untuk dijadikan pilihan. Dengan desain sleek dan baterai 12 jam, stabilizer ini memiliki peforma yang maksimal.

Gudsen MOZA Air ini dapat digenggam dan pegangannya dapat mejadi handle ganda sehingga meringankan beban tangan saat sedang memakai kamera DSLR. Selain itu Gudsen MOZA Air juga dapat berputar hingga 360o, jadi akan mempu memberikan perspektif yang hebat. Stabilizer kamera elektrik ini memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu 1.1 Kg.

9. Neewer Carbon Fiber 24/60 Handheld Stabilizer

Harga Neewer Carbon Fiber 24/60 Handheld Stabilizer : Rp 3.337.000,00

Neewer Carbon Fiber 24/60 Handheld Stabilizer memiliki pegangan anti slip yang akan membuat kamu nyaman untuk menggenggam. Dengan kontruksi yang kuat, alat ini dapat digunakan untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Dengan lempengan beban yang bisa disesuaikan, berguna untuk menstabilkan video mengikuti kondisi yang ada.

Kamu juga bisa mengatur tinggi sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari 38 – 60 cm, jadi kamu bisa mengambil gambar mulai dari sudut tinggi ke sudut yang rendah. Stabilizer jenis mekanik ini pastinya akan membuat kamu nyaman selama pengambilan video.

10. Sevenoak Mini Action Stabilizer SK-W08

Harga Sevenoak Mini Action SK-W08 : Rp 319.500,00

Terakhir kami akan merekomendasikan stabilizer kamera murah bernama Sevenoak Mini Action SK-W08 yang juga memiliki hasil setara dengan profesional. Meski memiliki bobot ringan, stabilizer tipe mekanik ini bisa menanggung beban hingga 0.5 Kg, jadi cocok untuk digunakan untuk menstabilkan pengambilan gambar dari smartphone.

Handle dari Sevenoak Mini Action Stabilizer SK-W08 dibuat empuk dan nyaman untuk digenggam serta mengurangi efek pegal saat sedang pengambilan gambar. Dengan harga yang terjangkau,Sevenoak Mini Action ini sangat cocok bagi kamu yang baru hendak mencoba menggunakan stabilizer kamera.

Nah itulah 10 stabilizer kamera yang kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin mengambil gambar yang indah. Untuk menghasilkan gambar yang lebih fokus dan mulus, kamu pastinya harus lebih sering melatihnya sehingga terbiasa menggunakan stabilizer ini.

Semoga informasi ini berguna untuk kamu dan bisa mendapatkan stabilizer kamera yang cocok dengan gaya videografi kamu.