single channel vs dual channel ram

RAM Merupakan sebuah komponen penting bagi sebuah PC, Jika kita sering bermain game berat atau melakukan aktifitas editing. Maka RAM PC yang harus kita miliki itu berukuran besar agar proses Multitasking menjadi lancar dan ringan.

Namun tahukah kalian settingan pada RAM juga berpengaruh pada komputer kita? Seperti pengaturan single channel dan dual channel mana yang lebih baik? Nah silahkan baca artikel ini sampai habis, karena CanduTekno akan membahas perbandingan RAM single channel vs dual channel secara lengkap.

Pengertian RAM

RAM Dual channel

RAM merupakan sebuah memory penyimpanan yang bersifat sementara pada sebuah komputer, setiap data yang diproses oleh prosesor akan disimpan pada sebuah memory dan bersifat sementara, setelah komputer dimatikan data tersebut akan hilang.

Semakin  besar Ukuran RAM maka semakin baik kinerja komputer, oleh karena itu banyak orang yang lebih suka melakukan upgrade pada bagian RAM ketimbang komponen lainnya.

Terkadang beberapa brand Motherboard juga memiliki slot Memori RAM yang banyak pada produknya, hal ini tentu saja menguntungkan bagi pengguna Motherboard tersebut karena bisa mengupgrade RAM sesuka mereka.

Jika sebuah RAM bertuliskan 4GB DDR4 2400Mhz PC 19200 berarti angka 4GB menunjukan Besarnya data sementara yang ditampung dalam RAM serta akan dieksekusi oleh prosesor. Semakin besar Ukuran data RAM maka semakin besar pula data yang dapat ditampung.    

Sedangkan untuk arti DDR4 adalah Jenis DRAM penerus DDR3 dan memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan DDR3. Selain itu Arti 2400Mhz dan PC 19200 adalah Memory tersebut menggunakan clock sebesar 2400Mhz dan  Bandwith Memory 19200 Kb/s.

Nah setelah membaca penjelasan diatas, kita semua paham bahwa besarnya kapasitas RAM tidak mempengaruhi kecepatan pada komputer namun Kecepatan memori itu sendirilah yang mempengaruhinya.

BACA : Mari Mengenal SSD NVMe, Apa Perbedaannya dengan SSD SATA

RAM Dual Channel Vs RAM Single Channel

Perbandingan konfigurasi RAM

Seperti yang kita ketahui, single channel merupakan konfigurasi RAM yang hanya menggunakan 1 keping saja sedangkan Dual Channel adalah konfigurasi RAM yang menggunakan 2 Keping RAM.

RAM Single Channel seperti 1x4GB memiliki Keuntungan lebih hemat daya dan bisa diupgrade menjadi 2x4GB kedepannya. Namun performa komputer menjadi lambat dan kalah dengan RAM dual channel.

Mengapa?

Singkatnya karena ada pemisahan fungsi, dimana RAM Single channel berarti 1 RAM melakukan semua tugas yang ada, sedangkan pada RAM dual channel ada 2 RAM yang bisa dialokasikan untuk menangani proses yang berbeda Sehingga RAM tidak terlalu terbebani dan bisa menjalankan semua proses dengan lancar.

Jika kita menggunakan RAM dual channel, daya yang digunakan pada komputer kita menjadi lebih besar dibandingkan single channel RAM. Namun performa yang diberikan juga akan bertambah dibandingkan menggunakan konfigurasi RAM single channel.

Saat kalian ingin menggunakan konfigurasi dual channel, pastikan motherboard yang kalian gunakan sudah mendukung teknologi ini dan pahami limit RAM yang bisa prosesor kalian jalankan.

Percuma jika kalian menggunakan konfigurasi RAM dual channel 2X16GB namun prosesor kalian hanya sanggup memproses RAM maksimal sebesar 2X8GB saja.

Kalian bisa membeli RAM Dual channel Kit yang dijual dimarketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia, kalian juga bisa menggunakan RAM dengan merk yang berbeda untuk dijadikan dual channel namun dengan spesifikasi RAM yang sama.

Kesimpulan

Memiliki RAM dengan konfigurasi dual channel akan menambah performa komputer kalian, untuk itu lebih baik kalian gunakan konfigurasi ini agar komputer kalian menjadi lebih cepat dalam memproses sebuah data.

Dan bagi kalian para gamers, memiliki komputer dengan Konfigurasi RAM Dual Channel sangat penting agar kalian bisa mendapatkan performa bermain game yang bagus dan lancar. Sekian saja artikel tentang RAM Dual Channel dan Single Channel, semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Dibawah ini ada video perbandingan bermain game dengan menggunakan RAM Single Channel dan Dual Channel. Silahkan ditonton sampai habis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here