Saat mendengar istilah Robot Process Automation atau RPA, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah pasukan robotic seperti di film Terminator atau Transformer.

Saat ini sudah ada perusahaan yang menggunakan teknologi Robot Process Automation (RPA) untuk mengefisienkan operasional perusahaan dan menekan biaya.

Teknologi RPA sendiri sudah terdengar di awal tahun 2000-an dan mulai berkembang beberapa tahun sebelumnya.

Robot Process Automation (RPA) adalah perangkat lunak “robot” untuk meniru dan mengintegrasikan tindakan manusia yang berinteraksi dalam sistem digital untuk menjalankan proses bisnis dengan kecepatan dan akurasi yang dapat mencapai seratus persen.

Kenali Robot Process Automation
RPA (robot manner Automation) adalah teknologi perangkat lunak yang dapat meniru aktivitas manusia di komputer dengan kecepatan dan akurasi hingga 100%.

Melalui teknologi yang berkembang pesat dan transformasi digital, para praktisi membagi teknologi menjadi tiga kategori, seperti probot, knowbot, dan chatbot.

Proses Manual Yang Berulang


Ini adalah proses transaksi volume tinggi, proses yang sangat sering dijalankan harian & mingguan, bukan bulanan atau tahunan yang melibatkan pekerjaan manual tinggi atau pekerjaan yang rawan human mistakes.

Implementasi Yang Relatif Cepat

Dari sisi teknologi, software ini juga memberikan keunggulan dalam hal kecepatan implementasi.

RPA bukan bagian dari infrastruktur TI, tetapi berada di atasnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan efisien menerapkan untuk mengotomatisasi proses, termasuk proses warisan, tanpa harus mengganti sistem yang ada.

Layanan Keuangan


RPA yang diterapkan di sektor jasa keuangan bertujuan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi agar dapat bersaing dengan fintech.

Contoh tugas yang dapat dilakukan oleh RPA di bidang jasa keuangan, yaitu:

Memproses pembayaran mata uang asing

Mengotomatisasi pembukaan atau penutupan rekening

Mengelola permintaan audit

Memproses klaim asuransi.

Penataan Dan Orientasi Rekrutmen Karyawan Baru


RPA dapat diterapkan untuk secara otomatis memicu alur kerja orientasi yang telah ditentukan setelah akun pengguna dibuat.

Aturan bisnis yang ditetapkan ke robot pemandu profil pengguna untuk membuat keputusan, seperti akses sistem mana yang akan diberikan.

RPA bahkan dapat mengirim dokumen orientasi yang telah ditentukan sebelumnya ke anggota baru sebagai langkah terakhir dari proses tersebut.

Penghematan Biaya


RPA dapat mengurangi biaya pemrosesan hingga 8% dalam waktu kurang dari 12 bulan. Sebagian besar perusahaan sudah memiliki laba atas investasi yang positif, dan potensi pengurangan biaya akumulatif lebih lanjut dapat mencapai 20% pada waktunya.