iMessage

Pesaing Terberat Whatsapp, iMessage Bakal Dirombak? – Kita semua tahu saat ini Apple dengan Facebook sedang beradu dan bersaing untuk membuktikan mana yang lebih canggih.

Namun, menurut sang pemilik Facebook, Mark Zukckerberg, ia menyatakan bahwa saat ini pesaing terberatnya bukanlah Telegram maupun sinyal yang kencang, melainkan iMessage yang diketahui merupakan aplikasi perpesanan milik Apple.

Karena, menurutnya Whatsapp sebenarnya tidak teralu populer di negara Amerika Serikat, untuk diketahui, negara tersebut merupaan negara yang sebagian besarnya menggunakan produk Apple.

Warga di sana lebih suka menggunakan aplikasi perpesanan bawaan pada smartphone mereka, contohnya iMessage.

Apalagi dengan adanya ekosistem IOS yang diketahui sangat menjaga privasi para penggunanya. Bahkan, kabar terbaru yang diumumkan oleh Apple membuat pemilik Facebook tersebut semakin waswas.

Apple Sedang Merombak iMessage, Zuckerberg Merasa Terancam!

Kabarnya, Apple saat ini sedang meningkatkan fitur iMessage agar bisa semakin bersaing dengan layanan perpesanan yang saat ini dipegang oleh Facebook seperti Mesenger dan Whatsapp.

Fitur iMessage ini nantinya akan rilis menggunakan pembaruan IOS 15 dan juga iPasOS 15 yang akan launching di tahun ini.

Upgrade ini nantinya akan membuat iMessage terlihat mirip seperti sosial media dibandingkan seperti pesan instan sederhana.

Walaupun belum diketahui secara spesifik fitur apa saja yang akan disematkan ke dalam iMessage nanti, namun jika berita ini benar, maka pengguna iMessage bisa jadi nantinya akan dibuat betah serta tidak mau pindah ke platform lain seperti Whatsapp.

Di 2019 lalu, Mark Zuckerberg juga mengumumkan bahwa ke depannya perusahaan yang ia miliki akan lebih berfokus pada privasi penggunanya.

“Saya meyakini bahwa komunikasi di masa depan akan semakin meningkat ke arah privasi, layanan terenkripsi,” kata Zuckerberg pada Senin 26 April 2021.

Namun, di saat yang bersamaan Apple juga semakin giat meluncurkan fitur yang mengutamakan privasi untuk pengguna iPhone.

Misalnya seperti fitur yang ada pada Ios 14 dimana fitur ini bisa mencegah aplikasi pihak ketiga untuk melacak identitas pengguna lewat nomor unik atau yang biasa disebut IDFA.

Fitur ini lalu membuat Facebook semakin meradang karena kesulitan dari sistem kerja iklannya yang lebih mengandalkan jaringan Audience Network.

Karena fitur keamanan inilah Facebook saat ini sedang melakukan kampanye untuk menentang kebijakan Apple tersebut dengan alasan fitur tersebut bisa mengancam kehidupan bisnis UMKM.

Namun belakangan ini sikap Zuckerberg menjadi sangat berubah, alih – alih mengecam fitur baru yang dibuat oleh Apple, ia justru mengatakan jika perubahan kebijakan privasi yang dilakukan IOS bisa saja berbalik menguntungkan perusahaannya.

Lalu, apa maksud dari pemilik Facebook tersebut yang menyatakan bahwa hal ini bisa menjadi peluang untuknya? Menurut kalian, mana yang bakal lebih populer nantinya? Whatsapp, atau iMessage?