apa itu hp black market

Seperti yang kalian ketahui HP Black Market akan segera diblokir oleh pemerintah indonesia, hal ini menandakan bahwa seluruh smartphone BM akan mati alias tidak bisa digunakan lagi di indonesia.

Bagi kalian yang belum tau atau paham tentang HP Black Market, silahkan baca artikel ini sampai habis karena CanduTekno akan menjelaskan kepada kalian semua tentang HP Black Market secara lengkap.

Apa Itu HP Black Market

hp black market akan diblokir

Secara singkat HP Black Market merupakan smartphone selundupan yang tidak membayar pajak masuk atau bea cukai. Sehingga harga jual ponsel BM sangat murah.

Akibat harga jual yang murah inilah banyak orang membeli ponsel BM, mereka membeli ponsel ini karena harganya yang sangat miring dengan spesifikasi Ponsel Baru Resmi.

Padahal Gadget yang dijual di BM itu tidak resmi karena tidak membayar pajak, malahan banyak yang dipalsukan spare partnya oleh distributor.

Ciri-Ciri Smartphone Black Market

Ada beberapa ciri smartphone dari black market yang bisa kalian ketahui.

1.Tidak ada Garansi

Smartphone BM merupakan produk resmi dari brand seperti oppo,xiaomi dan lain sebagainya. Hanya saja ponsel ini dikategorikan sebagai jual putus. Maka dari itu tidak ada garansi resmi.

Jadi jika ponsel BM milik kalian rusak ya sudah wassalam, kalian hanya bisa melakukan servis biasa. Tidak bisa claim garansi.

2.Garansi hanya Sebentar

Meskipun tidak bergaransi “resmi” namun ada beberapa penjual Ponsel Black Market yang menawarkan garansi toko atau pribadi. Dengan jaminan waktu 1 minggu hingga 3 bulan.

Selain itu garansi ini juga dilihat dari kerusakan yang dialami ponsel, semakin parah maka semakin sulit melakukan claim garansinya. Apalagi jika kalian mendapatkan penjual yang tidak bertanggung jawab. Siap-siap saja rugi.

3.Tidak mempunyai IMEI

Setiap ponsel pasti memiliki IMEI untuk identitas unik mereka, Nomor IMEI bukan hanya untuk keperluan dagang atau melihat spesifikasi mereka namun juga berguna sebagai keamanan.

Jadi jika smartphone kalian dicuri, kalian bisa melaporkan nomer IMEI tersebut ke operator agar diblokir. Jadi ponsel tersebut tidak akan mendapatkan sinyal lagi.

Pengguna juga dapat melaporkan IMEI ponsel ke polisi agar dilacak.

4.Aksesoris Palsu

Ponsel dengan garansi resmi biasanya dibekali dengan aksesoris tambahan yang asli, berbeda dengan smartphone black market yang bisa saja hadir dengan Aksesoris palsu.

Menggunakan aksesoris palsu pada smartphone sebenarnya sangat berbahaya. Kalian bisa mengalami kerusakan hardware ponsel jika aksesoris tersebut rusak lalu menyebar hingga ke bagian dalam ponsel.

Maka dari itu selalu gunakan aksesoris original, khususnya Charger HP.

Bahaya Beli Smartphone Black Market

Bagi kalian yang ingin membeli hp baru, sebaiknya hindari HP Black market karena mereka berbahaya dan bermasalah!

1.Keaslian Tidak Terjamin

Black Market memang menjual produk asli dari luar negeri, namun terkadang ada beberapa penjual nakal yang memasarkan produk palsu dengan embel-embel ori dipasar black market.

Maka dari itu keaslian sebuah ponsel dari Black Market sebetulnya tidak terjamin, hoki-hokian saja. Jika kalian beruntung maka kalian bisa mendapatkan HP BM ori.

2.Tidak Bisa ke Service Center

Jika smartphone BM kalian rusak, maka kalian tidak akan bisa memperbaikinya di Service Center. Biasanya mereka menolak karena Software dan hardware nya berbeda dari yang ori.

Jadi kalian hanya bisa melakukan servis di tempat servis tidak resmi alias konter baisa.

3.Smartphone Mudah Rusak

Membeli HP melalui Black Market sama saja berjudi, mungkin kalian bisa beruntung mendapatkan ponsel yang sehat dan baik-baik saja.

Namun jika kalian mendapatkan produk cacat dan tidak berkualitas gimana? Smartphone kalian akan mudah cepat rusak dan tidak awet.

Hal ini biasanya terjadi karena produk yang dijual di Black Market terkadang tidak berkualitas karena produk mereka tidak mengikuti Standar Indonesia.

4.Harga Jual Turun Jauh

Saat membeli smartphone BM dan kalian sudah menggunakan Hp tersebut untuk jangka waktu yang lama. Pasti kalian akan merasakan bosan bukan? Nah pasti setelah bosan kalian akan menjual smartphone itu namun dengan harga rugi!

Jika dulu kalian beli Hp bm dengan harga 3 juta, mungkin saat kalian menjualnya harga HP tersebut hanyalah berkisar 500 ribu hingga 1 jutaan saja.

5.Akan Diblokir Oleh Pemerintah Indonesia

Semua HP Black Market akan mengalami pemblokiran oleh pemerintah indonesia, hal ini dilakukan karena HP black market merugikan negara dengan tidak membayar pajak yang ada.

Kelebihan dan Kekurangan HP BM

Meski banyak masalah negatif pada HP BM, ada beberapa kelebihan yang bisa kalian dapatkan jika membeli ponsel dari Black Market.

Kelebihan HP Black Market

  • Harga lebih Murah daripada Ponsel Resminya
  • Tersedia HP yang tidak ada Di Dalam Negeri
  • Biasanya memiliki garansi Luar negeri
  • Bisa memiliki HP Limited

Kekurangan Ponsel Black Market

  • Tidak mendapat garansi dalam negeri
  • Terikat kontrak operator tertentu
  • Sulit mencari aksesoris HP
  • Belum tentu Asli

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai HP Yang ada diblack market, lebih baik beli HP resmi daripada Ponsel black market. Semoga informasi ini menambah wawasan kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here