pengertian e-money

Banyak kawula muda yang saat ini lebih sering melakukan transaksi Cashless agar lebih praktis, selain itu menggunakan uang elektronik sebagai transaksi dinilai lebih cepat daripada menggunakan uang tunai.

Banyak sekali produk uang non-tunai yang ada diindonesia saat ini contohnya Brizzi, Flazz, e-Money Mandiri hingga OVO. Mungkin salah satu produk e-money diatas pernah atau sedang kalian gunakan saat ini.

Dengan E-Money kita bisa melakukan transaksi seperti pembelian makanan dan minuman digerai resmi, Commuter Line, Pembayaran Tol, hingga pembayaran Bus Transjakarta.

Bahkan saat ini Perusahaan Digital Marketing Agency Mulai menggunakan e-Money untuk pembayaran transaksi mereka, Hal ini untuk mempermudah klien mereka yang menggunakan Jasa SEO atau Jasa Digital Marketing lainnya Untuk melakukan pembayaran secara tepat waktu dan cepat.

Selain itu banyak sekali penyedia layanan e-Money yang sering memberikan Diskon di tiap transaksi yang dilakukan untuk penggunanya, maka dari itu banyak orang yang beralih menggunakan e-Money untuk mendapatkan keuntungan dari diskonan tersebut.

Nah bagi kalian yang ingin menggunakan layanan E-money. Silahkan baca artikel ini sampai selesai karena CanduTekno akan membahas lengkap mengenai layanan E-Money yang ada di Indonesia.

Apa Itu e-Money

e-Money adalah alat pembayaran yang memiliki nilai uang yang tersimpan didalam server atau Chip. e-Money dapat digunakan untuk pembayaran tiket kendaraan umum, membayar tol hingga berbelanja ditoko yang bekerja sama dengan Layanan e-Money.

Nilai uang yang ada didalam e-Money akan berkurang saat pengguna menggunakannya.

e-Money hadir diindonesia tahun 2009 dan diterbitkan oleh pihak perbankan dan lembaga selain bank atas izin Bank Indonesia.

Baca Juga: 10 Tips Beli HP Online Agar Tidak Kena Tipu

Bentuk-Bentuk e-Money

jenis-jenis uang elektronik

Penggunaan e-Money tergolong praktis dan mudah digunakan, selain itu e-Money dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan fisiknya yakni Pre-paid card berbentuk kartu dan e-Wallet yang tersedia didalam aplikasi digital.

1.Kartu e-Money

e-Money dalam bentuk kartu hanya dikeluarkan oleh bank yang telah mengantongi izin khusus dari Bank Indonesia, penggunaan alat ini juga sangat mudah dan praktis.

Bisa dibeli oleh siapapun, kita juga tidak perlu mendaftar menjadi nasabah bank jika ingin membeli kartu ini. Kartu ini dapat dipindahtangankan dan diisi ulang saldonya diATM penerbit e-Money atau Bank Bersama.

2.e-Wallet

e-Wallet merupakan e-Money yang dikemas kedalam aplikasi online sehingga memungkinkan untuk perusahaan non bank menerbitkannya. Kalian hanya perlu registrasi disalah satu penyedia e-Wallet untuk mulai bertransaksi.

Namun ada beberapa data penting yang akan diminta saat kalian pertama kali daftar e-Wallet seperti No HP dan KTP. Selain itu jika koneksi internet kalian lemot siap-siap saja menunggu proses transaksi yang agak lama.

Jika kalian kehilangan smartphone, uang kalian yang ada di e-Wallet akan aman karena terlindungi dengan pin dan sensor sidik jari yang hanya dimiliki oleh kalian saja.

Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian.

Uang Elektronik Paling Populer di Indonesia

Berikut ini e-Money yang populer dan sering digunakan oleh masyarakat indonesia.

1.Flazz BCA

e-money bca

Kartu Flazz merupakan uang elektronik yang diterbitkan oleh Bank BCA. e-Money ini memiliki limit saldo hingga 1 juta.

Bank BCA mendesain kartu ini sebagai multifungsi dan bisa digunakan untuk pembayaran tol, food and beverage, Minimarket, Supermarket, SPBU, Parkir dan masih banyak lagi.

Tarif Flazz BCA

  • Saldo Limit: Rp1.000.000,.
  • Minimum Top Up: Rp20.000,.
  • Maksimum Top Up per Bulan: Rp20.000.000,.
  • Masa Berlaku: 10 Tahun sejak Transaksi Top Up terakhir dilakukan

Bagi kalian yang ingin berhenti menggunakan Flazz BCA tapi masih punya saldo didalamnya, kalian bisa mengembalikan kartu flazz ini ke bank bca untuk dicairkan.

e-Money Terbaik ini bisa kalian beli diminimarket seperti Alfamart, Indomaret, Cabang Bank BCA dan lainnya.  Harga kartu ini Rp25.000,. tanpa saldo.

2.Brizzi BRI

Kartu uang elektronik BRI

Kartu e-Money Terbaik yang lain adalah Brizzi dari Bank BRI. Brizzi bisa digunakan untuk transaksi belanjaan pada merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Bank BRI untuk menerima pembayaran Brizzi.

Kartu ini juga bisa kalian gunakan untuk pembayaran umum seperti Membayar Tol dan tiket Transportasi Umum.

Tarif Brizzi BRI

  • Saldo Limit: Rp1.000.000,.
  • Minimum Top Up: Rp20.000,.
  • Maksimum Top Up per Bulan: Rp20.000.000,.
  • Masa Berlaku: Tidak Terbatas

e-Money terbaik dari Brizzi tidak memiliki masa aktif, jadi kalian bisa menggunakan kartu ini selamanya. Kalian dapat membeli kartu ini digerai resmi BRI, Indomaret, alfamart Hingga halte transjakarta.

Harga dari kartu Brizzi sendiri cukup murah hanya sekitar Rp20.000,.

3.e-Money Mandiri

e-money mandiri

e-Money terbaik selanjutnya adalah e-Money dari Bank Mandiri. Kartu ini bisa kalian gunakan untuk pembayaran umum seperti pembayaran tol, SPBU, hingga Merchant resmi yang bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Isi ulang kartu ini juga dapat dilakukan dengan mudah dimesin ATM yang memiliki stiker e-Money mandiri, kartu ini juga dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu Rp20.000,. saja.

Tarif e-Money Mandiri

  • Saldo Limit: Rp2.000.000,.
  • Minimum Top Up: Rp20.000,.
  • Maksimum Top Up per Bulan: Rp20.000.000,.
  • Masa Berlaku: Tidak Terbatas

Bank Mandiri tidak membatasi masa berlaku kartu e-Money, namun mereka bisa memblokir kartu kalian jika ditemukan pelanggaran. Selain itu kartu e-Money yang masih memiliki saldo bisa dicairkan ke rekening pribadi nasabah.

Kalian bisa membeli kartu ini di Kantor Cabang Bank Mandiri, Alfamart, Indomaret, Gerbang tol dan lokasi lainnya. Harga kartu ini sekitar Rp20.000,.

4.OVO

e-wallet ovo

Selain e-Money Terbaik, ternyata e-Wallet juga cukup populer diindonesia, salah satu layanan e-Wallet terbaik saat ini adalah OVO. e-Wallet ini menerapkan sistem loyalty rewards yang didapatkan pengguna OVO setiap kali transaksi.

Selain itu e-Wallet ini juga sering mengadakan promo diskon besar-besaran, maka dari itu banyak pengguna uang elektronik yang menggunakan Aplikasi e-Wallet ini.

Karena OVO berbasis Aplikasi, maka kalian bisa memonitor keuangan kalian sendiri. Selain itu top Up saldo OVO juga dapat dilakukan dengan mudah, kalian bisa top up melalui berbagai macam bank dan merchant yang sudah mendukung OVO.

Tarif OVO

  • Saldo Limit: Rp2.000.000 (Unverified) / Rp5.000.000 (OVO Premier)
  • Minimum Top Up: Rp20.000,.
  • Maksimum Top Up per Bulan: Rp1.000.000 (OVO Club) / Rp10.000.000 (OVO Premier)
  • Masa Berlaku: Tidak Terbatas

OVO Rewards yang kalian dapatkan berupa point yang dapat ditukarkan dengan produk menarik dari OVO, selain itu kalian juga bisa menggunakan e-Wallet ini untuk transaksi harian.

Sebelum mulai menggunakan OVO, kalian perlu terlebih dahulu mendaftar menjadi nasabahnya. Cara pendaftarannya juga cukup mudah dan tidak sulit.

5.Go-Pay

aplikasi go-pay

Go-Pay hadir sebagai saingan e-Wallet OVO, aplikasi e-Wallet ini memiliki fitur yang menarik dan cukup populer dikalangan masyarakat indonesia.

Dengan Go-Pay kalian bisa bertransaksi seperti isi ulang pulsa, isi kuota, Token listrik hingga membayar BPJS bisa kalian lakukan dengan aplikasi ini.

Kalian juga dapat dengan mudah mengisi ulang saldo Go-Pay tanpa ribet menggunakan Bank yang bekerja sama dengan Go-Pay karena saat ini Go-Pay terintegrasi dengan bank-bank besar yang ada di indonesia.

Tarif Go-Pay

  • Saldo Limit: Rp1.000.000 (Unverified) / Rp5.000.000 (Verified)
  • Minimum Top Up: Rp10.000,.
  • Maksimum Top Up per Bulan: Rp1.000.000 (Unverified) / Rp10.000.000 (Verified)
  • Masa Berlaku: Tidak Terbatas

Go-Pay memiliki penawaran diskon menarik bagi kalian semua dan memiliki fitur token yang bisa kalian tukarkan dengan Go-Points untuk mendapatkan voucher hadiah menarik lainnya.

Keamanan aplikasi ini juga terjamin, jadi kalian tidak perlu khawatir data pribadi kalian akan tersebar. Bagi kalian yang ingin menggunakan Go-Pay sebagai alat pembayaran elektronik maka kalian perlu mendaftar terlebih dahulu diaplikasi ini.

Kesimpulan

Itulah uang elektronik terbaik yang biasa digunakan oleh masyarakat indonesia, kalian mungkin sedang menggunakannya saat ini. Masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Jadi pilihlah layanan e-Money sesuai dengan kebutuhan kalian. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here