Cara Mengatasi Blue Screen

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 – Blue screen pada perangkat laptop atau PC pastinya tidak asing pada pengguna. Blue scrren biasanya terjadi karena windows error, terkena virus, hardware failure dan lain sebagainya. Kondisi blue screen yang mengakibatkan perangkat menjadi hang dan layar berubah menjadi biru. Untuk eror ini akan muncul secara tiba-tiba, hingga untuk pemakai PC ataupun laptop tidak sempat untuk menyimpan file data terlebih dahulu.

Hal ini pastinya akan mengganggu dan menyulitkan kita dalam mengoperasikan perangkat laptop dan PC. Nah, Candu Tekno akan membantu para sobat mengatasi hal blue screen yang mengganggu ini. Yuk, simak tips mengatasi blue screen di bawah ini.

8 Cara Akurat Mengatasi Blue Screen Pada Komputer Kamu

1. CMD

Command Prompt atau yang dikenal dengan sebutan CMD merupakan software sistem operasi bawaan windows sendiri. Melalui software ini kalian bisa mengatasi masalah blue screen tersebut. Cara mengatasi blue screen windows 10 dengan CMD, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik ikon pencaharian pada Windows 10
  • Ketik CMD pada kolom pencaharian tersebut
  • Maka akan muncul “Comand Prompt”, lalu klik kanan pada software tersebut. Pilih opsi “run as administrator”
  • Jika muncul jendela user Account Control, kalian bisa klik tombol Yes
  • Untuk mulai pengecekan kerusakan pada Windows 10, kalian dapat tekan perintah sfc/scannow, lalu tekan “enter” pada keyboard.
  • Proses pengecekan akan berjalan. Jika sudah selesai 100%, terakhir kalian dapat restart PC atau laptop.

2. Bersihkan RAM

Salah satu penyebab blue screen pada perangkat PC atau laptop, karena disebabkan adanya masalah RAM error. RAM merupakan salah satu komponen penting pada PC atau laptop yang berfungsi untuk membaca, menyimpan data, dan instruksi beberapa program. Oleh sebab itu, kita juga harus turut memperhatikan kebersihan RAM itu sendiri. Cara membersihkan RAM pada perangkat, adalah dengan:

  • Gosok bagian logam kuning RAM menggunakan penghapus
  • Jika RAM sudah dibersihkan, tetapi komputer atau laptop masih mengalami blue screen. Kalian diharuskan mengganti RAM baru.

3. Hentikan Overlocking PC

Overlock adalah cara membuat suatu perangkat yang memampukan PC berjalan di kecepatan yang lebih tinggi. Tapi jangan salah sobat, Overlock juga menjadi penyebab perangkat sistem menjadi tidak stabil hingga merusak komponen PC. Laptop akan mengalami blue screen, akan muncul kode CLOCK-WATCHDOG-TIMEOUT. Overlocking tidak akan menjadi suatu kendala, jika tidak memaksakan clockspeed melewati limit. Jika terjadi masalah dalam Overlocking, yang harus kalian lakukan:

  • Buka Overlocking pada PC atau laptop
  • Hentikan pengoperasian overlocking tersebut pada perangkat.

4. Instal Kembali Driver VGA

Selain RAM, driver VGA juga menjadi salah satu penyebab PC atau laptop mengalami blue screen. Untuk masalah driver VGA ini biasanya ditandai dengan kode error, seperti VIDEO_TDR-ERROR, VIDEO-DRIVER-INIT-FAILURE, VIDEO_SCHEDULER-INTERNAL_ERROR, dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah ini, hal yang harus kalian lakukan adalah:

  • Hapus Driver VGA lama melalui Safe Mode
  • Install kembali driver VGA tersebut

5. Update Windows 10

Untuk Windows 10 yang mengalami blue screen, hal ini terjadi karena penyebab sistem yang terdapat bug. Cara mengatasinya adalah dengan update windows kalian, jika masih terjadi blue screen setelah update) kalian bisa lakukan Rollback agar versi bisa kembali ke sebelumnya.

6. Hapus File Temporary

File temporary atau yang lebih dikenal dengan sebutan junk files merupakan kumpulan data yang otomatis muncul, ketika Windows digunakan. File temp ini biasanya digunakan untuk mempercepat kinerja sistem. Tapi dengan ini juga, dapat menyebabkan perangkat menjadi bluescreen. Adapun langkah yang harus kalian lakukan, dengan:

  • Buka run pada windows atau tekan tombol logo windows + R
  • Ketik “Temp”, lalu klik ok
  • Langkah selanjutnya adalah hapus semua folder dan file yang ada di direktori temp

7. Scan Menggunakan Antivirus

Virus pada windows juga dapat menjadikan perangkat blue screen. Solusinya mudah sobat, kalian hanya lakukan scanning virus menggunakan aplikasi antivirus. Pada Windows 10, sudah dibekali aplikasi antivirus bawaan bernama “Windows Defender”.

8. Reset Windows

Tips terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi bluescreen pada PC atau laptop. Kalian bisa melakukan reset window atau install ulang windows. Dengan cara ini, masalah blue screen pada software akan teratasi.

Itulah tips Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 di PC atau laptop kalian. Rekomendasi cara diatas dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah bluescreen yang mengganggu setiap aktivitas pada perangkat PC atau laptop kita. Yuk, baca informasi terbaru lainnya yang bisa menambawa berbagai wawasan kalian, hanya di CanduTekno!