cara mengatasi flashdisk rusak

Flashdisk merupakan sebuah perangkat penyimpanan portabel yang bisa dibawa kemanapun kita pergi. Alat mungil ini mampu menyimpan data sesuai dengan ukuran kapasitasnya.

Kita sering menggunakan alat ini untuk mentransfer data atau menyimpan data penting. Flashdisk biasanya sering digunakan oleh pelajar dan mahasiswa namun terkadang orang awam juga sering menggunakan flashdisk.

Namun tak jarang flashdisk sering mengalami error seperti tidak bisa dibuka, flashdisk tidak terbaca, flashdisk corrupt dan masih banyak lagi masalah pada flashdisk yang sering kita temui.

Biasanya masalah ini sering kita temui pada flashdisk yang sudah berumur dan sering digunakan atau flashdisk KW. Bahkan ada juga flashdisk yang rusak karena terkena virus dari sebuah file.

Tapi kalian tidak usah khawatir lagi karena disini CanduTekno akan sharing cara memperbaiki flashdisk agar bisa digunakan kembali.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Meskipun flashdisk yang kita miliki sudah rusak dan tidak bisa terbaca lagi, namun ada beberapa cara untuk memperbaikinya. Daripada kita beli flashdisk baru, gak ada salahnyakan nyoba betulin flashdisk lama? Yuk ikuti langkah-langkah cara memperbaiki flashdisk error dibawah ini.

Baca Juga: 

1.Install Ulang Driver USB

Cara pertama yang bisa kalian coba untuk menangani flashdisk tidak terbaca adalah dengan menginstall ulang driver USB laptop kalian.

Berikut ini cara install ulang driver USB.

  • Pertama colokan Flashdisk kalian ke port USB, setelah itu buka Control Panel lalu masuk ke bagian Hardware & Sound.
  • Selanjutnya buka Device Manager dan pilih Universal Serial Buss Controller, buka menu dropdown dan cari perangkat USB Mass Storage Device yang memiliki tanda peringatan kuning.
  • Kemudian klik kanan lalu pilih Uninstall, setelah itu kalian bisa cabut Flashdisk lalu masukan ulang flashdisk.

Dengan cara ini seharusnya Laptop akan menginstall driver baru untuk flashdisk kalian, jadi flashdisk kalian akan terbaca kembali dilaptop.

2.Menggunakan Tools Computer Management

Cara mengatasi flashdisk yang rusak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Tools Computer Management, tools ini dapat digunakan untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca diwindows explorer.

Berikut ini caranya.

  • Hubungkan Flashdisk Ke USB laptop
  • Buka program Run, setelah itu ketik compmgmt.msc
  • Setelah Program Computer Management Muncul, Buka Storage kemudian pilih Disk Management.
  • Pada menu Disk Management kalian bisa menemukan flashdisk yang error tadi, klik kanan pada flashdisk tersebut kemudian pilih create partition lalu klik Format.
  • Setelah proses Format selesai. Flashdisk yang error tadi siap digunakan.

*Sebelum melakukan Format flashdisk, pastikan data yang ada didalam flashdisk kalian telah dibackup terlebih dahulu.

cara mengatasi flashdisk rusak

3.Menghapus Write Protected

Selain flashdisk tidak terbaca, terkadang ada juga masalah seperti flashdisk write protected. Untuk cara mengatasi flashdisk error write protected, kita akan menggunakan tools CMD.

Berikut ini langkah memperbaiki Flashdisk Write Protected.

  • Buka CMD
  • Ketikan Perintah diskpart
  • Selanjutnya ketik list disk, lalu cari posisi flashdisk kalian. Selanjutnya ketik select disk 2 ( jika posisi flashdisk ada dinomor 2 )
  • Lalu ketikan perintah attributes disk clear readonly > clean > create partition primary.
  • Terakhir kalian hanya perlu mengetikan perintah format fs=fat32, setelah proses selesai kalian bisa exit dan flashdisk siap digunakan.

4.Memperbaiki Flashdisk Dengan Software

Jika memang ketiga cara diatas masih belum cukup untuk memperbaiki flashdisk kalian, maka cara terakhir yang bisa kalian pilih adalah dengan menggunakan Aplikasi HDD Low Level Format Tool.

Dengan bantuan aplikasi ini kerusakan pada flashdisk kalian dapat diperbaiki. Program ini sangat mudah untuk digunakan untuk siapapun. Sayangnya program ini sedikit lambat namun memiliki banyak manfaat untuk media penyimpanan.

Kesimpulan

Menjaga kesehatan sebuah flashdisk merupakan kewajiban yang sangat penting bagi kita, apalagi jika data yang ada didalam flashdisk itu sangat penting. Selalu lakukan backup isi dari flashdisk ke media penyimpanan lain agar jika suatu saat nanti flashdisk rusak, kita masih bisa mengakses data yang ada didalam flashdisk tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here