cara flash hp

Android adalah OS yang dapat dimodifikasi oleh siapa saja karena ia berjenis Open Source. Tetapi biasanya kita kalau ingin memodifikasi jenis HP ini bisa menyebabkan terjadinya eror pada HP atau bootlop. Jangan khawatir, salah satu cara yang bisa membantu Anda dalam mengatasi hal ini adalah dengan cara flash HP Android.

Ini adalah hal yang sudah bukan merupakan hal asing lagi, khususnya untuk mereka yang merupakan para teknisi atau yang sudah terbiasa di dalam memodifikasi. Saat melakukan flashing pada Android, itu menandakan kita juga akan mengganti OSnya.

Meski demikian, kita tidak bisa seenaknya mengganti OS Asndroid karena terdapat firmware yang berbeda pada setiap smartphone. Resiko yang bisa diambil dari flash HP adalah kemungkinan kehilangan data, jadi sebelum melakukan ini kami sarankan untuk melakukan backup data pada ponsel Anda.

Kenapa banyak orang ingin melakukan flash HP? Itu karena banyak manfaat yang bisa di dapatkan. Seperti misalnya, mengatasi HP yang gagal boling, memperbaiki bug pada Android, mengganti stock ROM, mengembalikan firmware smartphone ke stok ROM, dan sampai mengembalikan smartphone ke dalam keadaan pabrikan.

Berikut ini adalah cara flash semua HP Android yang bisa dilakukan untuk HP Android Anda.

Cara Flash HP Android Semua Merek!

1.Tanpa Menggunakan PC

Cara pertama yang akan kami tunjukkan adalah dengan cara tanpa menggunakan PC. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan banyak merek, setidaknya Anda harus tahu kode reset HP Android Anda. Berikut ini adalah beberapa kode reset HP dari berbagai merek.

Samsung: Power + Volume Atas + Home (Tahan)

Asus: Power + Volume Up (Bersamaan)

Xiaomi: Power + Volume Atas (Tahan)

VIVO: Power + Volume Up

Oppo: Volume Bawah + Power (Bersamaan)

Berikutnya, ikuti langkah di bawah ini untuk melakukan flash HP.

  • Masuk ke Recovery Mode

Cara untuk masuk ke mode ini adalah dengan cara mematikan HP Android Anda lalu menekan tombol di atas menyesuaikan dengan merek HP Anda.

  • Guna Tombol

Saat sudah dalam mode ini, Anda tidak lagi dapat menggunakan touch screen, jadi gunakan tombol pada HP Anda. Volume Atas digunakan untuk menaikkan, bawah untuk menurunkan, lalu Power/Home digunakan untuk memilih.

  • Factory Reset

Selanjutnya Anda harus melakukan factory reset, di mana memilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Jangan lupa gunakan tombol pada HP untuk memilih hal tersebut.

  • Konfirmasi

Jika Sudah, ponsel Anda akan meminta konfirmasi. Pilih Yes dengan menggunakan tombol Power/Home.

  • Tunggu Proses dan Restart HP

Setelah itu Anda harus menunggu sampai proses selesai. Kalau sudah, lakukan Reboot System Now.

2. Dengan Bantuan Laptop PC

Selain cara di atas, ada cara flash HP Android lain yang bisa Anda lakukan. Cara flash HP Xiaomi, Samsung, atau bahkan oppo, bisa dilakukan dengan menggunakan metode ini juga.

Cara kedua ini pun tidak sulit, yaitu Anda bisa melakukannya dengan menggunakan PC. Berikut adalah langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Cari Bahan-Bahan Software yang Dibutuhkan

Pertama Anda harus mengunduh aplikasi yang dibutuhkan, yaitu Aplikasi Odin, Firmware/ROM yang sesuai dengan tipe Smartphone, dan Aplikasi Adroid USB di Drive.

Setelah itu Install aplikasi yang sudah Anda unduh tersebut.

  • Matikan HP

Setelah menginstall aplikasi yang dibutuhkan dan siap digunakan, matikan HP Anda. Cara flash HP Samsung, oppo, atau lainnya juga memang mewajibkan Anda untuk mematikan HP.

  • Masuk ke Downloading ROM

Selanjutnya, buat smartphone Anda masuk ke dalam download mode. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan tombol pada Hp Anda.

Tekan tombol Power + Home + Volume Down secara bersamaan. Setelah muncul Download Mode, Anda baru bisa melepaskannya. Untuk melanjutkan, tekan tombol volume up.

  • Buka Aplikasi Odin

Sekarang Anda bisa membuka Aplikasi Odin dan jangan lupa untuk menyambungkan HP dengan Komputer dengan bantuan USB. Nanti aplikasi Odin ini akan langsung mendeteksi device kalian.

  • Lakukan Konfigurasi

Sebelumnya, Anda harus melakukan konfigurasi. Caranya adalah dengan mengklik bagian PDS, cari file ROM atau Firmware yang sudah Anda Download. Umumnya akan berformat md5, tapi kalau masih bentuk archieve maka kami sarankan untuk diestrak terlebih dahulu.

Setelah berhasil masuk ke Odin, langsung tekan start untuk memulai proses flashing/instal ulang.

Nanti akan muncul tanda dengan warna hijau yang ada pada bagian pojok kiri atas, cabut USB dari komputer dan proses flashing selesai.

  • Mengatasi Bootlop

Tapi bagaimana jika terjadi Bootlop? Anda bisa langsung masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol Power + Home + Volume Up secara bersama. Nanti setelah ponsel bergetar ia akan langsung masuk ke recovery mode dan pilih Wipe Data/ Factory Reset dan juga Wipe Cache Partition. Gunakan Home sebagai tombol Ok.

Hp Anda akan melakukan reboot dan akhirnya HP Anda sudah berhasil di Flash.

Nah, itulah beberapa cara untuk flash HP Android. Cara yang ada di atas sama dengan cara flash HP Oppo, Samsung, Xiaomi, atau lainnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.