text editor

Dalam dunia pengkodean, pasti tidak akan lepas dari yang namanya teks editor. Apa saja bahasa pemograman yang ditulis pasti akan menjadi lebih mudah dan juga cepat dengan bantuan beragam fitur yang terdapat pada text editor.

Tapi sebelumnya, apa itu text editor? Text editor adalah suatu software yang biasa digunakan para programmer untuk menyusun kode program dan membuatnya menjadi aplikasi baru. Untuk kamu yang menggunakan Windows mungkin pernah menggunakan aplikasi yang namanya Notepad. Nah, Notepad adalah salah satu aplikasi Text Editor.

Nah, sekarang kami akan mengulas beberapa text editor yang kami rekomendasikan dan dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Aplikasi Editor Text terbaik

1. Sublime Text

Text editor pertama yang akan kami rekomendasikan adalah SublimeText. Aplikasi ini memiliki keunggulan berupa kebutuhan sumber daya yang rendah. Sublime Text juga akan memberikan cara pintas dan tools pencarian untuk dengan mudah menemukan suatu fungsi tertentu.

Pada aplikasi ini juga terdapat beragam fitur menarik lainnya seperti membuat perubahan pada beberapa baris sekaligus, pengeditan terpisah, dan bahkan ada sejumlah fitur shortcut yang memungkinkan pengguna untuk melakukan apa saja. Kamu dapat membuka file, menampilkan bila sisi, menduplikasi baris, dan masih banyak kegunaan lain dari shortcut yang ada ini.

Silahkan unduh Sublime Text melalui situs ini : https://www.sublimetext.com/

2. Atom

Kamu merupakan pengguna platform Windows, MacOS, atau Linux? Atom merupakan text editor open source yang perusahaan pengembangnya telah diakusisi oleh Microsoft  pada tahun 2018. Aplikasi coding ini merupakan cross platform yang didasarkan pada kerangka elektron.

Pada proyek yang kita buat dengan aplikasi ini bisa kamu bagikan dan edit secara realtime, jadi akan membantu tim yang jarak anggotanya berjauhan sekalipun. Atom memiliki kemiripan dengan WordPress yang dimana kita dapat menginstall plugin dan tema agar aplikasi tersebut menjadi lebih enak untuk dilihat.

Silahkan unduh Atom melalui situs ini : https://atom.io/

3. Notepad++

Aplikasi text editor selanjutnya ada Notepad++ yang biasa digunakan oleh para pemula. Apalagi aplikasi ini memiliki daya komputasi yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bagi pengguna Microsoft Windows Notepad++ biasanya merupakan sebuah aplikasi bawaan.

Penulisan kode dengan menggunakan apikasi ini akan dimudahkan dengan adanya highlight sytax. Terdapat juga alat pencarian dan penggantian yang cukup baik. Interfacenya sangat sederhana jadi memang cocok untuk para pemula.

Silahkan unduh Notepad++ melalui situs ini :  https://notepad-plus-plus.org/

4. CoffeCup – The HTML Editor

Jika kamu merasa memiliki skill yang sudah cukup untuk memahami pemograman yang cukup rumit, silahkan gunakan aplikasi yang naik level sedikit, yaitu CoffeeCup- The HTML Editor. Aplikasi ini cukup canggih untuk pengkodingan juga managemen desain web, apalagi mereka memiliki versi premium.

Banyak yang suka menggunakan aplikasi ngoding ini karena mudah untuk membuat dokumen HTML, jadi bagi pengguna yang hanya mempelajari tentang HTML atau pemograman PHP text editor dapat menjadikan CoffeCup-The HTML Editor sebuah pilihan.

Silahkan unduh CoffeCup – The HTML Editor melalui situs ini : https://www.coffeecup.com/html-editor/

5. TextMate

Kelima ada TextMate, salah satu text editor terbaik yang dapat kamu gunakan pada MacOS. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis dan juga berbayar, pastinya yang berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap. TextMate didukung dengan bahasa pemrograman  yang lengkap dan juga terdapat beragam fitur canggih untuk memudahkan pengguna dalam pengkodingan.

Silahkan unduh TextMate Editor melalui situs ini : https://macromates.com/

6. Vim

Vim merupakan Text Editor terbaik yang handal, stabil dan teintegrasi dengan tools populer. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada Windows, Linux, dan MacOS. Selain itu Vim dirancang untuk dapat digunakan dengan perintah CLI atau Command Line Interpreter bahkan GUI ( graphic user interface).

Vim dikembangkan serta dirilis pada tahun 1991 dan menjadi salah satu yang paling tua yang masih digunakan oleh para editor hingga kini.

Silahkan unduh Vim Editor melalui situs ini : https://www.vim.org/

7. UltraEdit

Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, UltraEdit memiliki beragam kelebihan yang mungkin lebih dari aplikasi lainnya. Apalagi aplikasi ini mampu untuk menuliskan berbagai bahasa pemrograman, seperti PHP, Javascript, dan masih banyak lainnya.

Fitur yang dimiliki UltraEdit antara lain Autocomplete, Add ons, Template, debugging, Shortcut, Live preview dan masih banyak lainnya.

Silahkan unduh UltraEdit Editor melalui situs ini : https://www.ultraedit.com/

8. Coda

Coda merupakan aplikasi selanjutnya yang hanya dapat digunakan oleh MacOS. Aplikasi ini memiliki interface yang dapat dikatakan paling menarik jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Selain itu Coda rutin diperbarui dan membuatnya semakin optimal.

Pada aplikasi ini terdapat repository plugin yang cukup booming dan semua orang dapat berkontribusi juga. Beberapa fitur lain dalam Coda ada code highlight, Autocomplete, dan masih banyak lainnya.

Silahkan unduh Coda melalui situs ini : https://panic.com/coda/

9. Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan salah satu aplikasi text editor terbaik Windows, Linux, dan MacOS. Visual Studio Code diluncurkan pada tahun 2015 dan mampu membangun komunitas yang stabil.

Bahkan aplikasi gratis ini memastikan penggunanya akan mendapatkan beragam fitur yang mereka butuhkan. Selain itu Visual Studio Code memiliki kecepatan yang baik jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang sudah ada terlebih dulu.

Silahkan unduh Visual Studio Code melalui situs ini : https://code.visualstudio.com/

10. Komodo Edit

Sepuluh ada text editor yang kuat namun sederhana, yaitu Komodo Edit. Aplikasi yang mudah digunakan untuk siapa saja ini meski bersfat open source, namun memiliki beragam fitur canggih di dalamnya.

Aplikasi ini kini sudah mendukung semua bahasa pemrograman dan framework yang dapat digunakan untuk pengembangan situs web. Jadi cocok untuk para pemula yang baru akan terjung ke dunia pengkodean.

Silahkan unduh Visual Studio Code melalui situs ini : https://www.activestate.com/products/komodo-edit/

11. Brackets

Selanjutnya ada Brackets, sebuah aplikasi yang menawarkan solusi aplikasi modern untuk para pengembang situs web. Aplikasi ini selain gratis juga memiliki visual menarik dan beberapa fitur. Seperti Editor inline, Live preview, File organized yang baik, dan masih banyak lainnya.

Selain itu editor ini juga dapat mengambil potongan file mockup dari Photoshop dan mengubahnya menjadi kode yang kita butuhkan.

Silahkan unduh Visual Studio Code melalui situs ini : http://brackets.io/

12. BBEdit

Aplikasi coding terbaik terakhir yang akan kami bahas adalah BBEdit. Aplikasi yang hanya dapat digunakan pada Mac ini memiliki beragam fitur canggih dengan tampilan UI yang friendly. Terdapat beragam fitur unggulan yang ada pada BBedit ini, salah satunya adalah integrasi dengan Git dan Auto-Completion.

Silahkan unduh BBEdit melalui situs ini : https://www.barebones.com/products/bbedit/

Itu adalah beberapa aplikasi text editor yang dapat kamu pilih untuk proses coding. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu!